Pemanfaatan Umbi Lengkir

Pemanfaatan Umbi Lengkir

Satu lagi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang ada di Kepulauan. Bangka, perlu dieksplor lagi dan dikembangkan lebih lanjut, berikut informasi dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Rambat Menduyung.

Salah satu potensi HHBK yang kini masih dalam pengembangan bersama masyarakat yaitu Pemanfaatan Umbi Lengkir, umbi lengkir dapat menghasilkan tepung yang menjadi sumber bahan baku pembuatan kue pengganti tepung terigu yang di pasaran. Tepung dari Pesisir Barat Pulau Timah ini adalah tepung dari hasil endapan pati umbi taka. Masyarakat kab. Bangka Barat menyebut umbi tersebut dengan nama Lengkir. Umbi dengan nama latin Tacca leontopetaloides.

Salah seorang pengrajin asal Kecamatan Mentok lah yang mencoba mengolah umbi tersebut untuk dijadikan tepung sebagai bahan baku pengolahan bahan makanan kue-kue tradisional khas Bangka contohnya kue rintak dan ongol-ongol. Tanaman ini mudah ditemukan pada pesisir pantai kawasan hutan KPHP Rambat Menduyung salah satunya berada di wilayah Pantai Pait tepatnya pada Hutan Lindung Tanjung Ular, hidup di bawah tegakan pohon-pohon seperti Cemara, Akasia, dan Eucalyptus.