PT Jorong Barutama Greston (JBG), Bukan Hanya Sekedar Tambang

PT Jorong Barutama Greston (JBG), Bukan Hanya Sekedar Tambang

Biasanya, memasuki kawasan pertambangan batubara kita akan disuguhi pemandangan areal penambangan (pit) yang terbuka dan areal hijau yang telah direklamasi atau direvegetasi. Namun, memasuki kawasan pertambangan PT Jorong Barutama Greston (JBG) site Tanah laut ini sungguh tak biasa.

Berdampingan dengan kantor utama, kita bisa menyaksikan hutan galam yang terjaga keasliannya. Areal habitat galam ini dinamakan Galam Park dengan koloni pohon galam yang sangat rapat. Di hutan galam ini pula telah dilakukan beberapa kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat terkait penelitian dan uji coba pengembangbiakan kayu galam.

Bersebelahan dengan Galam Park, kita saksikan pula rimbunnya hutan pinus yang berjajar indah di sepanjang pantai Jorong. Pantai Jorong ini tak seperti pantai lain di Kalimantan Selatan, di sini berbagai fasilitas telah disediakan PT JBG, antara lain: gazebo, kursi baring, tempat duduk dari log kayu, taman, kafetaria, rest area, guest house yang siap menyambut dan memanjakan pengunjung menikmati harmoni panorama alam yang menyegarkan mata.

Tidak berhenti di sini, menuju pit kita melewati zona konservasi bekantan. Zona ini memang terlihat beda dari areal yang telah direklamasi karena rimbunnya pepohonan masih asli belum terjamah.

Beruntung bisa mengunjungi PT JBG dengan beberapa zona wisata, yang masih diperuntukkan bagi kalangan terbatas yang ada kaitannya dengan aktivitas perusahaan. Nantinya, setelah aktivitas perusahaan telah berakhir, kawasan pantai wisata terpadu ini akan dibuka untuk umum.

Selain sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan, bagus pula untuk kegiatan penelitian serta study tour. Lokasi pantai secara administratif terletak di wilayah Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, kurang lebih 51 km dari Kota Pelaihari, ibu kota Kabupaten Tanah Laut.