Selamat...!! SILK Menjadi Jawara Inovasi Pelayanan Publik 2017 di KLHK, SILK Akan Berkompetisi di Tingkat Nasional

Selamat...!! SILK Menjadi Jawara Inovasi Pelayanan Publik 2017 di KLHK, SILK Akan Berkompetisi di Tingkat Nasional

Sistem Informasi Legalitas Kayu (SILK) mendapatkan juara pertama dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Sinolinghut) tahun 2017. Perhargaan disampaikan pada acara Hari Bakti Rimbawan 2018 di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti. Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Rufi’ie Abdullah menerima piala penghargaan juara pertama dan laptop langsung dari Menteri LHK. Selain SILK, ada pula SIPNBP yang masuk dalam posisi urutan ke 5 dalam daftar TOP 10 SINOLINGHUT 2017.

“Juara 3 besar selanjutnya akan diikutsertakan di lomba Sinovik 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB dan diharapkan bisa masuk ke top 99", harapan Menteri LHK. SILK merupakan singkatan dari Sistem Infomasi Legalitas Kayu yang digawangi oleh Dit. PPHH, Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (DitjenPHPL). Sistem Informasi ini diluncurkan pada 1 Agustus 2012 sebagai bagian dari SVLK, yang berperan (licensing information unit), sekaligus sebagai pusat informasi verifikasi legalitas kayu.

Dalam kinerjanya menerbitkan Dokumen V-Legal/Lisensi FLEGT untuk ekspor, SILK terhubung dengan INATRADE (Indonesian Trading) di Kementerian Perdagangan, INSW (Indonesia National Single Window) di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, dan pihak berwenang atau Competent Authority di negara tujuan ekspor.

SILK adalah wajah SVLK. Semua informasi terkait SVLK dapat dilihat di SILK, mulai dari infomasi mengenai daftar Lembaga Penilai Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (LPPHPL), Lembaga Verifikasi Legalitas Kayu (LVLK), Penerbit Dokumen V-Legal, Pemegang Sertifikat PHPL dan Legalitas Kayu, eksportir, importir, Pemantau Independen dll. SILK juga menjadi jembatan antara Pemerintah dan publik dalam merumuskan kebijakan SVLK karena draft peraturan di-upload di SILK untuk mendapat masukan publik. SILK pun menjadi tempat untuk update informasi proses FLEGT-VPA antara Indonesia dan Uni Eropa.

Dengan banyaknya pihak yang terkoneksi dalam SILK, inovasi yang tiada henti serta pelayanan 24/7, tak heran Tim Pakar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian PAN RB, Peneliti Utama Badan Litbang Inovasi KLHK dan Pejabat Sekretariat Jenderal KLHK menasbihkan SILK unggul dalam 7 (tujuh) kategori inovasi, yaitu proses, metode, produk, konseptual, teknologi, hubungan dan pengembangan sumber daya manusia sehingga menyabet gelar Juara Pertama dalam Sinolinghut 2017 di Kementerian LHK dalam rangkaian acara Hari Bakti Rimbawan ke-35, 16 Maret 2018.