SURVEY PERSEPSI MATURITAS SPIP DITJEN PHPL

SURVEY PERSEPSI MATURITAS SPIP DITJEN PHPL

Ditjen PHPL menyelenggarakan kegiatan survey persepsi maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah), pada hari Kamis, 22 Agustus 2019, di ruang rapat Ditjen PHPL. Kegiatan survey dihadiri 75 responden, yang terdiri dari pejabat struktural eselon II, III, IV dan staf yang kompeten, serta dihadiri narasumber dari Bagian ALHP (Analisis Laporan Hasil Pengawasan) - Inspektorat Jenderal KLHK. Sekretaris Ditjen PHPL membuka, sekaligus memberikan arahan mengenai pentingnya pelaksanaan survey untuk mengukur maturitas SPIP.

SPIP merupakan proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset Negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pelaksanaan survey persepsi maturitas SPIP merupakan komitmen Ditjen PHPL dalam mengemban Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Berdasarkan hasil penjaminan kualitas (quality assurance) tahun 2018 oleh tim BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP Ditjen PHPL adalah sebesar 3,034, atau kategori Terdefinisi. Dengan tingkat maturitas yang berada pada level 3, pelaksanaan SPIP di lingkup Ditjen PHPL bukan lagi sekedar formalitas, tetapi sudah benar-benar diimplementasikan pada pelaksanaan tugas sehari-hari oleh seluruh pegawai.

Pada tahun 2019 ini, dengan segenap upaya AoI (Area of Improvement) yang telah dilakukan, maturitas SPIP Ditjen PHPL diyakini akan beranjak ke level 4 (kategori Terkelola dan Terukur).